5 Hal yang Wajib dipersiapkan sebelum bulan Ramadan

Indoplagos

Sebagai umat muslim tentu kita wajib menyambut bulan Ramadan ini dengan gembira karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda "Telah datang kepada kalian ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan. (HR. Ahmad, Nasai 2106, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Selain menyambut bersama dengan gembira tentu kita wajib buat persiapan semua nya bersama dengan baik dan masak agar Puasa tahun ini lebih baik dari puasa tahun-tahun sebelumnya.

Berikut 5 perihal yang wajib dipersiapkan sebelum akan bulan Ramadan :

Pertama, Membayar hutang puasa tahun lalu.

Jika tahun lalu tersedia hari di mana kami tidak mampu menjalankan puasa sebab sakit, didalam perjalanan atau untuk perempuan sebab tengah menstruasi, atau tengah menyusui maka sebaiknya mengqadha sejumlah hari yang ditinggalkan sebelum saat datangnya bulan Puasa.

Kedua, Mempersiapkan keilmuan kami perihal keIslaman.

Sebelum menjalankan puasa tersedia baiknya kami mempelajari hal-hal yang berkaitan perihal agama Islam seperti Al Qur'an, Hadits, atau membaca buku-buku agama, atau melihat video pengetahuan Islam seperti perihal wudhu, puasa, shalat, haji, peristiwa nabi dan rasul dan lain-lain.

Ketiga, Persiapan lahir dan batin.

Persiapan lahir dan batin ini pasti terlampau perlu mengingat ibadah puasa adalah ibadah antara makhluk dengan Penciptanya yaitu Allah SWT.

Oleh sebab itu persiapkan lahir atau fisiknya dengan baik, dan batinnya dengan langkah menghindari sifat-sifat tidak baik seperti sirik, iri dan dengki kepada orang lain, sombong, dan lain-lain.

Mudah-mudahan diakhir kami mampu jadi orang yang ikhlas, sabar, rendah hati dan hiraukan dengan orang lain.

Keempat, Mempersiapkan keuangan.

Selama bulan puasa pasti perlu menyiapkan keuangan untuk mencukupi keperluan hidup untuk berbuka puasa dan sahur.

Selain itu di bulan Puasa kami direkomendasikan untuk memperbanyak amal sholih seperti infaq, zakat, sodakoh, atau ifthar (memberikan makan orang berpuasa).

Kelima,  Menjaga Kesehatan.

Persiapan fisik agar tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadan terlampau penting. Karena dengan badan yang sehat maka dikehendaki tidak akan mengalami kasus saat berpuasa, juga lakukan amalan ibadah yang lainnya baik yang perlu atau pun yang sunah. Oleh sebab itu sebaiknya kita makan dan minuman  bergizi, halal dan sehat.

Tags